5 Fungsi Bantuan Modal Usaha Bagi Bisnis Anda

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Saat Anda ingin atau sedang menjalankan bisnis, Anda mungkin membutuhkan bantuan modal usaha untuk memastikan kelancaran bisnis. Sebuah bisnis, apapun bentuknya, tidak mungkin berjalan tanpa adanya modal. Dengan modal yang cukup, Anda bisa melaksanakan berbagai aktivitas bisnis yang diperlukan agar bisnis tetap dapat beroperasi.

Hal ini semakin krusial khususnya jika bisnis Anda secara signifikan mengalami peningkatan penjualan dan Anda tertarik melakukan ekspansi bisnis. Anda tentu membutuhkan modal usaha yang besar jika ingin melebarkan sayap bisnis, tidak cukup jika hanya mengandalkan uang kas yang sekarang Anda punya.

Apapun alasannya, mendapatkan bantuan modal usaha adalah hal yang tepat bagi bisnis Anda karena memberikan banyak fungsi. Berikut 5 di antaranya!

Bantuan modal usaha untuk bayar gaji karyawan

Fungsi bantuan modal usaha yang pertama adalah untuk membayar gaji karyawan. Saat bisnis berkembang dan Anda mempekerjakan lebih banyak orang, Anda membutuhkan lebih banyak dana untuk membayar gaji karyawan. Gaji karyawan tidak boleh Anda sepelekan karena karyawan merupakan tulang punggung bisnis Anda. Telat atau tidak mampu membayar gaji akan membuat bisnis Anda terancam kehilangan karyawan terbaik.

Kabar baik jika bisnis Anda begitu lancar keuangannya sehingga Anda tidak punya masalah soal membayar gaji karyawan. Jika sebaliknya, manfaat pinjaman ini akan sangat berguna karena kendala dalam hal dana untuk membayar gaji karyawan teratasi. Anda memang bisa selalu jujur dengan karyawan jika perusahaan sedang mengalami kesulitan dan mungkin butuh waktu untuk membayar gaji mereka. Namun, karyawan Anda sudah memberikan kinerja terbaik untuk bisnis Anda, jadi Anda pun harus memberikan gaji terbaik untuk mereka.

Tabungan dana darurat

Untuk diri sendiri saja Anda membutuhkan tabungan dana darurat, apalagi untuk bisnis. Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi di masa depan tentang bisnis Anda. Jadi, Anda harus siap untuk menghadapi apapun itu dengan memiliki tabungan dana darurat yang bisa diandalkan sewaktu-waktu diperlukan. Jika kesulitan menyiapkan tabungan ini, Anda bisa memanfaatkan bantuan modal usaha untuk memenuhinya.

Selain berperan sebagai penyelamat di keadaan darurat, tabungan dana darurat juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur arus kas yang sehat, membantu bisnis lebih cepat dalam merespons peluang dan kondisi pasar, hingga mengamankan bisnis dari kemungkinan utang dan hal tak terduga. Kantor Ketenagakerjaan Amerika Serikat menyebut bahwa sepertiga bisnis UKM tutup pada dua tahun pertama dengan 82% penyebabnya adalah buruknya pengelolaan arus kas. Anda bisa mencegah hal ini terjadi pada bisnis Anda dengan mengandalkan manfaat pinjaman satu ini dengan maksimal.

Sewa kantor atau gudang

Di awal perintisan bisnis, Anda mungkin melakukan kegiatan bisnis di rumah atau lokasi lain yang tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya. Namun, saat bisnis berkembang, lokasi bisnis Anda juga harus dikembangkan. Anda mungkin harus pindah ke kantor baru yang membuat Anda harus mengeluarkan sejumlah dana untuk biaya sewa. Selain kantor, gudang untuk menyimpan barang mungkin juga butuh di-upgrade dengan semakin besarnya basis pelanggan.

Nah, saat Anda dihadapkan pada kebutuhan penting ini namun tidak memiliki cukup modal untuk merealisasikannya, di sinilah peranbantuan modal usaha bekerja. Tempat kerja yang baik bisa memberikan pengaruh positif terhadap kinerja karyawan, sehingga Anda bisa menganggap hal ini sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Plus, menyewa gudang juga akan membuat Anda lebih tenang karena stok barang tersimpan dengan aman.

Menambah stok barang

Kalau sudah menyewa gudang untuk menyimpan barang, Anda tentu membutuhkan stok barang untuk disimpan, bukan? Tentu saja tidak ada gunanya jika Anda menyewa gudang, namun stok barang Anda menipis bahkan habis. Masalah biaya menambah stok barang juga bisa teratasi jika Anda mengambil bantuan modal usaha. Manfaat pinjaman ini sangat signifikan untuk keberlangsungan bisnis Anda karena bertambahnya jumlah pelanggan tidak akan ada artinya jika Anda tidak punya cukup barang untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Buka toko cabang

Membuka toko cabang adalah salah satu bukti bahwa bisnis Anda lancar dan berkembang. Jika punya peluang untuk membuka toko cabang baru, jangan ragu untuk mengambilnya karena akan sangat bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Jika modal menjadi permasalahan, Anda bisa memanfaatkan bantuan modal usaha sebagai pilihan sumber modal yang tidak mengganggu modal bisnis utama Anda.

Apakah Anda membutuhkan sejumlah manfaat tersebut? Jangan ragu untuk mendapatkan bantuan modal usaha dari Modalku. Prosesnya mudah, aman, dan tidak bikin resah.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *