5 Keunggulan Produk Lokal yang Menjadikannya Barang yang Lagi Booming di Online Shop

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Tren barang yang lagi booming di online shop selalu berubah dari hari ke hari. Terlebih di masa pandemi saat ini, ada beberapa barang yang selalu laku keras. Salah satunya adalah produk lokal yang disebut-sebut sebagai barang yang lagi booming di online shop di sepanjang tahun. Sebenarnya, membeli produk lokal memiliki banyak keunggulan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui.

Ada Tren Local Pride yang Masih Sangat Kuat

Hal pertama keunggulan produk lokal menjadi barang yang lagi booming di online shop adalah karena munculnya tren local pride yang kuat. Ini bisa dilihat dari survei yang dipublikasikan oleh Deloitte Consumer Insight pada tahun 2018 lalu yang menunjukkan adanya tren positif terhadap barang dagangan hasil tangan anak bangsa. Kecintaan orang Indonesia terhadap produk lokal di lima kota besar mencapai 100% untuk produk kuliner lokal.

Selain itu, tren ini muncul karena adanya rasa aman seperti sertifikasi halal yang dimiliki produk lokal. Dengan menunjukkan rasa bangga yang tinggi, hal itu juga menjadi sebuah apresiasi kreasi atas karya anak bangsa yang ternyata tidak kalah dari barang dagangan impor untuk bersaing di ranah global.

Kualitas Baik dengan Harga yang Lebih Murah

Siapa bilang produk lokal adalah barang dagangan yang cepat rusak saat digunakan? Anggapan tersebut sepertinya kurang tepat. Justru sebaliknya, produk lokal ini memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan, kualitasnya bisa melampaui kualitas produk-produk impor lainnya.

Untuk masalah harga, produk lokal cenderung lebih murah. Hal ini dikarenakan bahan baku yang digunakan berasal dari dalam negeri. Sehingga, harganya lebih murah karena biaya distribusi yang lebih rendah. Misalnya saja untuk produk fashion lokal seperti sepatu, pakaian, dan sebagainya yang banyak dipilih oleh masyarakat, atau makanan-makanan tradisional yang dikemas dengan packaging kekinian agar terlihat unik.


Lebih Ramah Lingkungan

Isu mengenai kelestarian lingkungan juga menjadi ramai menjadi bahan pembicaraan publik saat ini. Gerakan-gerakan membeli produk yang ramah lingkungan juga semakin gencar saat ini. Hal tersebut mengakibatkan barang yang lagi booming di online shop pun berupa produk ramah lingkungan.

Produk  lokal saat ini sudah banyak yang menjual produk ramah lingkungan. Misalnya saja menjual produk-produk dari bahan daur ulang. Selain itu, tingkat karbondioksida pun semakin berkurang karena bahan bakar transportasi distribusi barang berkurang karena lebih pendek dan tidak memakan waktu yang lama.


Bentuk Dukungan Terhadap Ekonomi Negara

Ada banyak cara untuk memberikan dukungan untuk pembangunan ekonomi negara. Membeli produk lokal yang lagi booming di online shop adalah salah satu di antaranya. Sebab, perputaran uang yang ada pun pada akhirnya juga dinikmati oleh masyarakat kita sendiri, bahkan di lingkungan terdekat.

Membangun ekonomi negara tentu harus didukung dengan usaha yang sehat dan lapangan kerja yang terbuka lebar. Dalam hal ini, setidaknya membeli produk lokal akan membuat industri kecil berjalan dan melibatkan banyak orang dalam produksi. Di sinilah kesempatan untuk membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat dan mengurangi tingkat pengangguran, khususnya di masa pandemi seperti saat ini.

Menjaga Budaya dan Kearifan Lokal

Terakhir, saat Anda membeli produk lokal yang lagi booming di online shop, sama saja dengan aksi menjaga budaya dan juga kearifan lokal. Tidak sedikit produk lokal ini mengangkat tema-tema budaya, tradisi, dan juga ciri khas wilayah masing-masing di Tanah Air. Misalnya saja usaha pembuatan souvenir untuk oleh-oleh di tempat wisata.

Selain menjaga budaya dan kearifan lokal tetap lestari di era modern seperti sekarang, secara tak langsung Anda juga mempertahankan budaya lokal dan mengenalkannya ke masyarakat luas. Dengan demikian, budaya dan kearifan lokal menjadi terangkat kembali dan tidak hilang ditelan zaman. 

Setidaknya, itulah alasan kuat mengapa produk lokal menjadi barang yang lagi booming di online shop saat ini. Kini, apakah Anda tertarik membeli produk lokal atau ingin memproduksi barang lokal namun terbentur masalah modal? Tak perlu khawatir, Anda bisa memanfaatkan platform pinjaman terbaik dari Modalku. Dengan persyaratan yang mudah, Modalku berkomitmen bersama dalam memajukan ekonomi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *