5 Tips Mulai Bisnis dengan Bantuan Modal Usaha dari Film “Joy”

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Apakah mengajukan bantuan modal usaha untuk memulai bisnis sebuah keputusan yang tepat? Jawaban dari pertanyaan ini bisa Anda temukan dalam film Joy yang rilis di tahun 2015 dan dibintang oleh Jennifer Lawrence. Film ini terinspirasi dari kisah nyata Joy Mangano yang menciptakan Miracle Mop, sebuah sapu pel ajaib. Berikut ini sejumlah tips bisnis yang bisa didapatkan dari film Joy.

Kondisi buruk bisa jadi peluang emas

Setiap perjalanan usaha pasti ada momen “jatuh” di mana rasanya sangat sulit untuk bangkit kembali. Sama seperti Joy yang kesulitan menjadi tulang punggung di rumahnya sekaligus ibu dari dua anak, Joy akhirnya termotivasi untuk menciptakan produk sapu pel terbaru yang bisa diperas tanpa tangan.

Kemudian, Joy kembali menghadapi tantangan sulit ketika ia di ambang kebangkrutan. Saat ia ditipu oleh mitra bisnis dan saudaranya sendiri, Joy bangkit dengan melakukan riset dan meminta hak paten dari produknya. Ini bisa jadi tips bisnis bagi kita semua kalau di balik kondisi yang buruk, selalu ada peluang emas yang bisa kita raih. 

Baca juga:  “5 Solusi dari Masalah Stok Barang, Salah Satunya dengan Bantuan Modal Usaha“

Hati-hati dalam mengambil bantuan modal usaha

Dalam film Joy, kita melihat bagaimana sang inventor mencoba merintis bisnis baru dengan mengambil bantuan modal usaha. Pinjaman ini ia dapatkan dari dua sumber, yakni angel investor dan bank. Joy meminta pinjaman dari ibu tirinya yang kemudian menjadi penasihat di sisi Joy.

Lalu, Joy juga mengambil pinjaman bank dengan menjaminkan rumahnya. Apakah keputusan Joy di sini salah? Pada akhirnya, bisnis Joy terpuruk karena tips bisnis dari ibu tirinya, sementara pinjaman bank terus mencekik keuangan Joy.

Ini bisa jadi pelajaran bagi Anda untuk berhati-hati dalam mengajukan bantuan modal usaha. Ambil pinjaman dalam nominal yang tepat, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Usahakan juga untuk mengambil pinjaman tanpa agunan agar tidak mengikuti kesalahan yang sama seperti Joy.

Baca juga: “4 Contoh Evaluasi Usaha Online Agar Bisnis Terus Berkembang“

Jangan biarkan orang lain mendikte bisnis Anda

Satu lagi kesalahan fatal dari Joy, yaitu menjalankan bisnis dengan arahan dari orang lain. Rasanya masalah ini cukup relevan dengan banyak pebisnis di masa-masa awal. Joy pun merasa kurang percaya diri karena sebelumnya tidak pernah berbisnis. Ketakutan inilah yang membuat Joy jadi sosok yang pasif dan penurut. Ia pun menelan mentah-mentah saran dari keluarganya dan investornya tanpa pertimbangan apa pun.

Di puncak klimaks, Joy pun sadar bahwa masalah yang membawanya menuju kebangkrutan ini dikarenakan saran buruk dari keluarganya. Tidak masalah untuk mendengar saran dari orang lain, namun ada baiknya Anda mencari pendapat pebisnis yang sudah berpengalaman.

Punya mimpi? Mulai dari sekarang

Joy merupakan sosok yang layak dikagumi karena kemauannya untuk mengejar mimpi. Meski dikekang oleh berbagai tantangan hidup, Joy tetap mengingat mimpinya untuk menjadi inventor. Kita bisa mencontoh sikap Joy yang pantang menyerah. Jika Anda punya mimpi untuk membangun bisnis baru, lakukan mulai dari sekarang!

Cobalah untuk menciptakan produk, seperti Joy yang mulai membuat sendiri prototipe sapu pel. Setiap harinya Anda bisa mengambil langkah baru, mulai dari brainstorming, perencanaan, pengajuan bantuan modal usaha, pitching ke investor, dan pemasaran.

 Baca juga: “7 Langkah Mulai Jualan Online Paling Laris di Industri Kuliner“

Jangan bermusuhan dengan kompetitor

Keunikan dari film ini adalah bagaimana Joy tetap menjalin pertemanan dengan kompetitornya. Mungkin Anda berpikir bahwa ini kesalahan besar, namun terbukti tidak demikian. Jelas, Joy beruntung karena bertemu dengan sosok Neil Walker, eksekutif dari QVC, yang bersedia menjual sapu pel buatan Joy ke siaran TV. Setelah berteman begitu lama, Joy pun bertemu kembali dengan Neil sebagai kompetitor bisnis.

Karena pertemanan ini, Neil pun membagikan informasi penting ke Joy yang bisa membantu bisnisnya di kemudian hari. Jadilah seperti Joy, ramah dan tidak menjatuhkan kompetitor dalam berbisnis. Ingatlah bahwa kompetitor itu seperti teman sparring, memotivasi kita untuk terus maju.

Tertarik untuk mengikuti jejak Joy dan merintis bisnis Anda sendiri? Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengajukan bantuan modal usaha tanpa agunan dari Modalku yang mudah, cepat, dan aman. Dapatkan bantuan modal usaha hingga Rp2 miliar dengan proses pengajuan yang praktis. Modalku sudah berizin dan diawasi oleh OJK Indonesia.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *