6 Tips Jualan Online Paling Laris Saat Pasar Lagi Lesu

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Jualan online menjadi sebuah alternatif baru bagi masyarakat saat ini untuk mendapatkan penghasilan. Namun, pandemi menyebabkan kondisi pasar cenderung lesu. Hal tersebut sebenarnya bukan menjadi hambatan bagi Anda untuk memulai rencana jualan online paling laris. Apa saja yang harus diperhatikan agar bisnis online berjalan dengan baik di tengah gejolak pasar? Simak tipsnya berikut ini.

Barang Jualan Online Paling Laris yang Punya Nilai Unik

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam jualan online paling laris adalah temukan nilai keunikan barang yang akan dijual. Dengan kata lain, memiliki unique selling points. Karakteristik barang atau produk ini berbeda dengan produk pada umumnya yang dijual dalam jumlah banyak. Produk dengan ISP dijual dengan terbatas, bahkan hanya satu unit saja.

Di sinilah yang menjadikan produk Anda berbeda dari kompetitor. Dengan menjualnya hanya satu unit barang, calon konsumen akan lebih mengingat produk dan brand Anda. Berbeda ketika Anda menginginkan banyak orang untuk mengetahui jualan atau brand Anda. Alih-alih mereka akan mengingat, mereka akan cenderung melupakannya karena tidak ada produk yang bernilai unik.

Baca juga: “3 Keunggulan Strategi Bundling Saat Jualan Online“

Buka Website Toko dan Promosi di Media Sosial

Di era digital seperti sekarang, jualan online paling laris kebanyakan didominasi dengan adanya brand yang memiliki toko atau website sendiri maupun media sosial untuk melakukan promosi. Mungkin Anda beranggapan jika marketplace sudah cukup untuk melakukan penjualan secara online, padahal itu masih kurang.

Hal ini karena persaingan di marketplace sangat tinggi. Anda harus pintar-pintar dalam mengatur strategi agar mendapatkan pembeli. Beda halnya dengan membuat website toko dan media sosial sendiri.

Pada awalnya memang terlihat rumit, namun secara jangka panjang ketika Anda memiliki website toko dan media sosial sendiri akan membantu dalam membangun brand agar semakin dikenali oleh masyarakat. Selain itu, juga memudahkan calon konsumen untuk menemukan brand, produk, dan toko Anda di internet.

Baca juga: “5 Tips Digital Marketing untuk Usaha Kecil“

Coba Lakukan Email Marketing

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa ada sekitar 60%-70% pemilik brand akan menjual produk kepada konsumen lama. Konsumen lama harus Anda jaga dengan baik Salah satu caranya adalah dengan strategi email marketing. Namun sebelumnya, Anda harus siapkan terlebih dahulu landing page di situs toko online Anda terkait promosi yang ditawarkan.

Setelah itu, Anda perlu membuat newsletter mengenai produk jualan online paling laris saat ini. Kemudian, buatlah dengan menggunakan kalimat-kalimat persuasif yang menarik agar pembaca yang dalam hal ini adalah konsumen lama Anda penasaran dengan produk yang ditawarkan dan tergugah untuk membelinya.

Turun Harga Dulu Agar Pembeli Banyak

Tujuan seseorang jualan online paling laris adalah demi mendapatkan untung besar. Hal ini memang tidak ada salahnya. Namun, tips jualan online ini bisa diterapkan jika Anda sudah memiliki konsumen tetap. Sedangkan bagi yang baru memulainya, cobalah untuk mencoba strategi menurunkan harga jual produk yang ditawarkan.

Kemudian, ketika Anda sudah memiliki pangsa pasar sendiri, maka Anda bisa menaikkan harga produk sedikit demi sedikit. Perlu diingat dalam menaikkan harga, sebaiknya jangan terlalu tinggi dari kompetitor atau harga pasar normal. Begitu pula ketika menurunkan harga, hitunglah dengan cermat agar Anda tidak merugi.

Baca juga: ” 7 Usaha Makanan Paling Laris Saat Ini di Tahun 2021“

Lakukan Promo Giveaway

Sebagian orang menilai jika melakukan promo secara berlebihan akan berdampak pada pengeluaran yang membengkak. Sebenarnya, berhasil tidaknya sebuah promosi dalam jualan online paling laris terletak pada strateginya. Bahkan, Anda dapat melakukan promosi dengan biaya rendah dengan strategi yang tepat. Misalnya saja dengan mengadakan giveaway dalam waktu tertentu.

Promo giveaway di masa pandemi menjadi hal cukup sering dilakukan saat ini. Lakukan promo giveaway di berbagai channel milik Anda, baik itu melalui website toko online, media sosial, hingga marketplace.

Produk Bagus, Layanan Juga Harus Bagus

Tips jualan online yang terakhir dalam jualan online paling laris adalah memperhatikan pelayanan. Sebagus apapun barang dan promosi yang Anda lakukan, tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pelayanan yang prima. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan ramah dan cepat.

Lalu, bila ada konsumen yang menyampaikan komplain terhadap produk maupun pelayanan, maka dengarkanlah keluhan mereka dan berilah solusi terbaik. Selain itu, dalam pelayanan berikanlah kemudahan bertransaksi dan mendapatkan informasi barang yang dijual. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menyediakan transaksi keuangan yang aman.

Itulah beberapa tips jualan online terutama untuk jualan online paling laris yang bisa Anda terapkan. Bagi Anda yang ingin memulai jualan online namun terkendala dengan modal, tak perlu khawatir. Wujudkan mimpi Anda bersama Modalku yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan modal usaha dengan aman, nyaman, dan cepat.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *