Asuransi & Investasi, Apa Bedanya Asuransi Unit Link dengan Asuransi Kesehatan Lainnya?

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Bagi masyarakat yang belum terlalu mengenal produk asuransi, mungkin akan bingung membedakan asuransi unit link dengan asuransi kesehatan. Berdasarkan kategori umumnya, asuransi jiwa terdiri dari asuransi jiwa murni (tradisional) atau yang biasa disebut pula sebagai asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unit link). Dari tujuannya, kedua produk ini sudah berbeda, di mana asuransi kesehatan untuk proteksi sedangkan unit link untuk investasi. 

Manfaatnya Bagi Pemegang Premi

Perbedaan utama antara asuransi unit link dengan asuransi kesehatan terletak pada manfaatnya. Asuransi kesehatan menawarkan manfaat hanya sebagai perlindungan atau proteksi bagi pemegang premi. Karenanya, asuransi ini disebut asuransi jiwa murni atau tradisional, karena tidak ada keuntungan lain kecuali perlindungan kesehatan. Sebagai sebuah produk pengalihan risiko, asuransi jiwa tradisional akan menanggung risiko yang dihadapi nasabah, misalnya kematian. 

Di sisi lain, unit link menawarkan manfaat tambahan berupa investasi di samping sebagai proteksi. Ketika nasabah membeli unit link, maka otomatis menggunakan jasa asuransi sekaligus investasi. Karena adanya investasi, nasabah berpotensi menerima keuntungan dari investasi tersebut setelah kurun waktu tertentu. 

Jumlah Uang yang Harus Disetorkan Setiap Bulan

Jumlah uang yang disetorkan, atau disebut dengan premi, antara asuransi jiwa tradisional dengan unit link pun berbeda. Pada produk tradisional, premi digunakan hanya untuk jasa perlindungan atau proteksi. Jumlahnya pun relatif lebih rendah dibandingkan dengan premi unit link

Sementara itu, premi yang dibayarkan untuk asuransi unit link digunakan sekaligus untuk proteksi dan investasi (pasar uang, saham, dan obligasi), sesuai dengan produk yang nasabah beli. Tidak heran kalau premi unit link lebih tinggi dari premi asuransi jiwa tradisional. Meski begitu, keuntungan yang Anda dapat pun lebih banyak. 

Besar UP yang Akan Diterima

UP adalah Uang Pertanggungan yang akan diterima oleh nasabah setelah mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi. Umumnya, UP asuransi unit link berbeda dari asuransi kesehatan biasa karena dari awal pun jumlah premi yang disetorkan sudah ada selisih. Apalagi kalau mengingat UP unit link yang diinvestasikan. Pastinya ada potensi untuk semakin menambah keuntungannya. 

Namun, ada kemungkinan UP unit link sama dengan UP asuransi jiwa murni karena adanya risiko penurunan nilai investasi. Seperti yang Anda tahu, investasi adalah hal fluktuatif di mana return-nya bisa naik dan turun sewaktu-waktu. Jadi, jangan berharap besar pada investasi asuransi unit link dan selalu ingat akan risiko penurunan imbal hasilnya. 

Fasilitas Cuti Premi dari Unit Link

Fasilitas cuti premi merupakan keuntungan tersendiri bagi nasabah yang membeli produk asuransi unit link dibandingkan asuransi kesehatan. Keuntungan dari layanan ini hanya bisa dirasakan oleh nasabah asuransi unit link dan tidak ada di produk asuransi lainnya. Ini merupakan manfaat spesial bagi pemegang premi proteksi sekaligus investasi.

Manfaat yang dapat Anda rasakan dengan menggunakan cuti premi adalah cuti atau berhenti dulu menyetor premi asuransi selama satu bulan. Uang premi yang harus dibayarkan akan diambilkan dari nilai investasi yang sudah terbentuk. Jadi, dalam satu bulan tersebut, Anda tidak perlu membayar premi karena bisa diambilkan dari keuntungan investasi. Wah, sangat menarik sekali, ya? 

Manakah yang Cocok untuk Anda?

Setiap produk asuransi tentu saja punya plus minusnya. Apapun pilihan Anda, semuanya tergantung dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Misal, budget per bulan Anda tidak mencukupi untuk membayar premi asuransi unit link karena preminya yang juga digunakan untuk investasi. Lagipula, Anda sudah memiliki investasi lain di luar. Kalau begini, maka lebih baik ambil asuransi kesehatan yang murni untuk proteksi.

Namun, kalau Anda punya cukup budget dan ingin mendapat potensi keuntungan lebih dari asuransi, maka Anda bisa ambil asuransi unit link. Pahami bahwa asuransi unit link sama dengan bermain investasi saham yang risiko dan potensinya sama-sama tinggi. Jangan hanya harap keuntungan besar dari investasi di asuransi, karena tetap ada risiko di balik return tersebut. 

Kini, Anda sudah lebih siap memilih antara asuransi unit link atau asuransi kesehatan biasa. Sekadar saran, pikirkan betul-betul sebelum memutuskan produk asuransi yang akan dibeli. Pastikan sudah sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan pengetahuan. Asuransi kesehatan juga penting bagi kelancaran bisnis Anda.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan bunga menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *