Jaga Cash Flow Perusahaan dengan Pinjaman Online Cicilan

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Cash flow (laporan arus kas) perusahaan adalah salah satu komponen penting dalam keuangan yang bisa distabilkan dengan pinjaman online cicilan. Laporan ini penting karena menjadi penilai apakah usaha yang Anda jalankan ada dalam kondisi keuangan yang sehat atau tidak. Bila cash flow tidak stabil, maka usaha pun jadi tidak stabil. Nah, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengambil pinjaman online cicilan untuk menyeimbangkan cash flow.

Ada banyak pemilik usaha yang menerapkan cara ini pada usaha mereka. Tujuannya untuk mengembalikan kemampuan operasional bisnis berjalan kembali. Jika operasional bisnis terjamin, maka pemasukan dari bisnis juga bisa diupayakan.

Tekan Pengeluaran, Tingkatkan Penjualan

Salah satu cara membuat cash flow usaha tetap stabil adalah dengan menekan pengeluaran dan meningkatkan penjualan. Terdengar sederhana, tetapi sebenarnya sulit untuk diterapkan. Menekan pengeluaran ini bisa dilakukan dengan memangkas beberapa biaya operasional atau produksi. Opsi ini termasuk mengurangi jumlah karyawan, mencari supplier baru yang menawarkan harga lebih murah, dan lain-lain. Sebuah perkara yang tidak mudah.

Pinjaman online cicilan kemudian bisa jadi opsi alternatif. Dengan adanya dana pinjaman ini, Anda tidak perlu menekan pengeluaran secara signifikan. Cukup pangkas pengeluaran yang tidak penting saja. Lalu, dengan dana ini, Anda bisa menambah stok barang atau meningkatkan produksi agar lebih banyak pemasukan dari penjualan diterima.

Giat Menagih Piutang

Jika dalam bisnis Anda ada daftar panjang piutang pelanggan yang masih belum dilunasi, jangan diam saja! Anda harus bersegera menagih piutang-piutang tersebut. Terlebih piutang yang sudah jatuh tempo. Dana pelunasan piutang ini juga akan sangat membantu untuk menyeimbangkan kembali cash flow bisnis.

Saat melakukan penagihan, Anda bisa membaginya dalam termin. Misalnya penagihan dilakukan dalam tiga termin. Ini bisa Anda lakukan 30 hari sebelum jatuh tempo, 14  hari sebelum jatuh tempo, dan tiga hari sebelum jatuh tempo. Anda juga bisa menyetel pengingat di kalender Anda atau email terjadwal yang akan dikirimkan secara otomatis pada tanggal tersebut.

Siap Sedia Dana Darurat

Sejak awal membangun usaha, dana darurat adalah alokasi wajib yang tidak boleh terlewat setiap bulannya. Dengan tersedianya dana darurat, apabila cash flow perusahaan atau bisnis sedang tidak stabil, dana darurat ini bisa jadi alternatif untuk menyeimbangkan kembali laporan arus kas tersebut. Memastikan beberapa komponen krusial operasional bisnis masih bisa berjalan.

Kalaupun dana darurat yang sudah disiapkan ternyata jauh dari cukup, Anda masih memiliki alternatif pilihan lain, yakni mengambil pinjaman online cicilan. Adanya dana darurat juga akan membantu karena Anda tidak perlu mengajukan pinjaman online cicilan dengan nominal yang terlalu tinggi.

Rutin Buat Proyeksi Arus Kas

Mengingat betapa pentingnya laporan arus kas atau cash flow ini, Anda wajib membuat proyeksi arus kas secara berkala. Buatlah dalam pembukuan yang rapi dan mudah dibaca. Cantumkan informasi dengan detail. Sertakan semua data transaksi pemasukan hingga pengeluaran. Nominalnya kecil sekalipun tetap harus dimasukkan dalam laporan.

Arus kas yang selalu diperbaharui dan dibuat dengan aktual juga dapat membantu Anda saat akan melunasi dana pinjaman online cicilan tersebut. Proyeksi arus kas juga akan memberikan informasi waktu-waktu pembayaran kembali cicilan Anda, di samping kebutuhan produksi atau operasional. Dengan begitu, usaha bisa tetap berjalan mulus, utang Anda pun bisa tetap dibayar dengan terjadwal.

Jual Aset Bila Ada

Sebelum mengambil pinjaman online cicilan, periksa dulu apakah ada aset yang bisa dijual. Menjual aset tentu akan jadi opsi yang tepat di mana Anda tidak perlu menghitung atau mengalokasikan dana untuk membayar pinjaman di kemudian hari. Adapun aset yang dijual sebaiknya sudah dipertimbangkan juga, yakni aset dengan nilai yang sepadan sesuai kebutuhan dana untuk menyeimbangkan cash flow.

Jika ternyata aset yang dijual menghasilkan dana segar yang nominalnya lebih dari yang dibutuhkan, Anda perlu menggunakan dana tersebut dengan bijak. Sebaiknya, segera dialokasikan dengan tepat. Salah satunya adalah mengalokasikannya ke dalam dana darurat agar bisa menyelamatkan bisnis Anda di kondisi sulit di masa depan.

Tambah Modal dengan Pinjaman Online Cicilan

Menyeimbangkan cash flow perusahaan juga bisa dilakukan dengan menambah modal. Untuk menambah modal, Anda tentu bisa mengajukan pinjaman online cicilan. Namun, lakukanlah setelah menghitung kebutuhan pembiayaan dengan teliti. Jangan sampai berlebihan karena justru bisa membahayakan keuangan usaha Anda sendiri nantinya.

Pinjaman online cicilan yang terpercaya dan mudah diakses ini bisa Anda dapatkan di Modalku. Berbagai produk pinjaman bisa Anda temukan di sini dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis tentunya, mulai dari durasi pencairan sampai rentang nominal yang bisa Anda pinjam. Yuk, kembangkan usaha Anda dengan Modalku.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *