KAU MUDA Bersama Modalku: Apa itu Fintech untuk UMKM?

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Kehadiran platform pendanaan untuk UMKM seperti Modalku memiliki tujuan untuk membantu perkembangan ekonomi masyarakat, khususnya di bidang pengelolaan usaha. Masih banyaknya UMKM yang belum memiliki akses dana usaha, mendorong Modalku untuk hadir dan memberikan fasilitas pendanaan usaha kepada UMKM.

Sayangnya, masih banyak UMKM yang belum mengetahui keberadaan platform pendanaan usaha seperti Modalku dan berakhir tidak melanjutkan ataupun menghentikan usahanya. Oleh karena itu, Modalku bertekad untuk memberikan edukasi secara luas kepada masyarakat mengenai platform pendanaan usaha. Kami berharap, pelaku usaha dan UMKM dapat bangkit dari keterpurukan dan terus mengembangkan usahanya.

Upaya melakukan edukasi juga dilakukan bersama KAU MUDA Indonesia. Dilansir dari kanal Youtube KAU MUDA, KAU MUDA Indonesia merupakan festival karir dan usaha yang diadakan oleh Rumah Sahabat Desa (RSD). Merekai menghadirkan festival untuk anak muda, yang tertarik dalam pengembangan karir dan usaha. Festival yang dihadirkan adalah interaktif webinar, live music, dan tournament game untuk para mahasiswa-mahasiswi.

Pada hari Rabu, 5 Mei 2021, KAU MUDA Indonesia mengadakan acara daring bertajuk  “Investasi Gaya Baru, Apa itu Fintech untuk UMKM” dan mengundang   Ibu Marsya Juwita,  Associate Vice President dari Modalku untuk menjadi pembicara.

Webinar dibuka dengan pertanyaan: “Apa itu Fintech UMKM dan apa peranannya bagi Indonesia?” Marsya Juwita kemudian menjelaskan, bahwa jumlah usaha di tahun 2018 hingga tahun ini mengalami pertumbuhan yang pesat. Setidaknya 1 dari 4 orang di Indonesia mengelola UMKM. Namun, ada 74% UMKM yang belum memiliki akses pendanaan usaha. Oleh karena itu, Modalku hadir memberikan fasilitas pendanaan bagi pelaku usaha dan UMKM. Pendanaan yang ditawarkan oleh Modalku juga mudah dilakukan, termasuk fasilitas yang bisa diakses melalui aplikasi.

Selain itu, masyarakat juga bisa menikmati produk pinjaman UMKM dari Modalku seperti ‘Modalku Kawan Mikro’, pinjaman modal kerja bagi UMKM Indonesia terutama bagi pengusaha online dan offline, cocok bagi pengusaha e-commerce dan pinjaman diberikan tanpa agunan. Pengajuan pinjaman yang ditawarkan hingga Rp. 250 juta dan tenor pinjaman 3-12 bulan. 

Selanjutnya, ‘Modalku Virtual Credit’ adalah fasilitas Pay Later bagi UMKM. Proses yang dibutuhkan singkat, tanpa agunan, dan biaya yang dikenakan hanya pada limit yang terpakai. Pengajuan pinjaman untuk Modalku Virtual Credit bisa mencapai hingga Rp. 500 juta dengan tenor pinjaman 15-60 hari. 

 Selain itu, Modalku juga menawarkan produk ‘Invoice Financing’, Solusi Arus Kas yang menjadikan aset Invoice menjadi sumber pembiayaan modal kerja yang produktif. Pinjaman yang ditawarkan dari Invoice Financing bisa mencapai hingga Rp. 2 miliar dengan tenor pinjaman 15-90 hari.

Anda bisa memilih produk pinjaman dari Modalku sesuai dengan kebutuhan untuk perkembangan bisnis Anda.

“Kami memberikan dana tunai yang bisa digunakan untuk ekspansi usaha. Misalnya, untuk membuka cabang baru, investasi peralatan baru, atau renovasi kantor dan toko, itu bisa dilakukan dengan Modalku Kawan Mikro.” tambah Marsya Juwita. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *