Mau Ekspansi Usaha? Begini Cara Buka Cabang dengan Pinjaman Online Resmi

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Memilih pinjaman online resmi demi mengembangkan usaha memang tidak mudah, terlebih bagi Anda yang bergerak di bidang pelayanan seperti jual-beli. Ketika toko utama berhasil meraup omzet yang baik, cara untuk mengembangkan usaha selanjutnya adalah dengan membuka cabang baru. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari modal pinjaman online resmi dan faktor lainnya.

Cukupi Modal dengan Pinjaman Online Resmi

Modal memang menjadi permasalahan utama yang harus dipertimbangkan dengan matang ketika perusahaan akan membuka cabang baru. Modal ini bisa diperoleh dari hasil keuntungan di cabang utama.

Atau modal juga bisa diperoleh dari pinjaman online resmi. Mengapa Anda harus memilih pinjaman online resmi? Hal ini untuk meminimalisir tindakan melanggar hukum yang tak diinginkan seperti penipuan yang bisa merugikan usaha Anda nantinya.

Baca juga: “5 Tips Membuat Skala Prioritas untuk Mempermudah Manajemen Keuangan“

Cashflow yang Stabil

Hal berikutnya yang patut dipertimbangkan untuk mengembangkan usaha dan membuka toko cabang selain modal pinjaman online resmi adalah keuangan harus berjalan stabil. Untuk membuka cabang baru, diperlukan biaya yang tidak sedikit. Terlebih mengingat ke depannya cabang diharapkan beroperasi tanpa diawasi secara berkala.

Akan tetapi, jika cabang utama belum stabil, ada baiknya Anda pikir kembali membuka cabang yang baru. Alih-alih mendapatkan keuntungan, bisa jadi cabang baru tersebut menjadi beban baru dan Anda malah mendapatkan kerugian yang tak diinginkan.

Baca juga: “5 Solusi dari Masalah Stok Barang, Salah Satunya dengan Bantuan Modal Usaha“

Cek Lokasi Toko Baru

Sebelum mengembagkan usaha, lakukanlah analisa lokasi terlebih dahulu. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan memilih lokasi tanpa melakukan riset dan cek lokasi, terlebih jika Anda membayar sewa tempat dengan menggunakan pinjaman online resmi. Pastikan Anda datang dan melihat sendiri lokasi yang nantinya akan ditempati toko cabang.

Pertimbangkan pula lokasi tersebut apakah dapat diakses banyak orang. Misalnya dapat dilalui kendaraan bermotor, parkiran yang luas, dan akses mudah untuk kendaraan umum. Selain itu, keamanan toko cabang juga sangat penting untuk kenyamanan pelanggan Anda.

Lakukan Riset Pasar

Mengapa seorang pengusaha harus melakukan riset pasar untuk mengembangkan bisnis mereka? Hal ini dikarenakan modal dari pinjaman online resmi yang digunakan dapat berjalan dengan baik dan tidak sia-sia. Untuk melakukan riset pasar, Anda bisa melihat apakah ada kompetitor Anda di wilayah yang sama.

Kemudian, perhatikan pula strategi apa yang akan dijalankan untuk memenangkan hati konsumen nantinya. Selain itu, Anda bersama tim harus jeli melihat apa saja kebutuhan yang diperlukan oleh pelanggan di sekitar Anda dan itu tidak dijual di toko kompetitor Anda. Tentu hal ini menjadi poin tambahan untuk memenangkan persaingan.

Baca juga:  “Begini Cara Pintar Membayar Cicilan Pinjaman Online Tanpa Jaminan“

Cek Rantai Pasokan

Setelah Anda melakukan riset pasar dan memastikan pelanggan dapat pelayanan terbaik, pastikan pula pasokan bahan baku aman. Hal ini karena pasokan bahan akan berdampak langsung pada keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Misalnya saja kenaikan harga yang dikarenakan harga bahan baku yang meningkat pula.

Semakin jauh jarak Anda dengan pemasok, maka harganya bisa saja menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, dalam mengembangkan usaha dan membuka cabang baru, usahakan pemasok dekat dengan toko cabang agar biaya distribusi barang dapat ditekan.

SDM yang Mapan

Tak hanya memperhatikan kondisi sumber daya materinya saja, membuka cabang baru dengan pinjaman online resmi juga perlu pertimbangan soal SDM-nya. Ingat, ketika Anda membuka cabang baru, maka Anda harus merekrut karyawan baru pula. Meski mereka akan ditempatkan di cabang, bukan berarti kapasitas dan kemampuannya dinomorduakan.

Para karyawan inilah nanti yang menjadi ujung tombak dalam melakukan operasional bisnis. Pelayanan pun tidak boleh dibedakan antara toko utama dengan toko cabang. Karenanya, sebagai pemilik usaha, Anda harus terjun langsung untuk melakukan pelatihan terhadap karyawan. Barulah ketika mereka memenuhi standar dan menguasai standar operasional prosedurnya, karyawan ini nantinya ditempatkan di toko cabang.

Promosi yang Menarik

Selain cara-cara di atas, jangan lupakan pula promosinya. Sehebat apapun bisnis Anda, akan kurang efektif jika tidak dibarengi promosi yang gencar dan menarik. Tujuan dari promosi ini adalah untuk mengenalkan cabang baru Anda selain mereka mengenal toko utama. Lakukanlah promosi dengan efektif dan efisien namun tetap menarik tanpa harus membuat pelanggan bosan.

Cara promosi dalam mengembangkan usaha ini bisa dilakukan dengan dua cara, yakni konvensional maupun digital atau online. Cara konvensional berupa flyer maupun banner di toko, sementara cara digital adalah dengan memanfaatkan semua media sosial yang ada.

Hal di atas memang membutuhkan modal yang cukup besar untuk mengembangkan usaha. Namun, Anda tak perlu khawatir karena dapat memanfaatkan pinjaman online resmi dari Modalku yang berkomitmen untuk mendukung pengembangan usaha UMKM di Indonesia. Semoga bermanfaat!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *