Mitos yang Sering Muncul Saat Ingin Buka Usaha

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Entrepreneur atau biasa disebut dengan pengusaha adalah orang yang membangun usahanya secara mandiri. Mereka mendirikan, merintis, dan mengelola usaha sesuai bidang yang dipilih. Beberapa perusahaan besar seperti: Kalbe Farma, Alfamart, Apple, dan Harley Davidson adalah perusahaan yang dimulai secara sederhana. Mereka memulai usaha yang kecil dan memiliki prospek untuk menjadi besar. Oleh karena fakta tersebut, tidak dipungkiri menjadi pengusaha adalah impian banyak orang. Jika yang dicemaskan saat buka usaha adalah modal semata, seharusnya tak perlu khawatir mengingat saat ini kita bisa mengakses pinjaman tanpa jaminan yang diawasi oleh OJK dan terjamin keamanannya.

Sebagai informasi, tidak sedikit dari pada perusahaan yang sukses, juga mengembangkan usaha dengan modal pinjaman. Pinjaman itu tidak tabu, apalagi pinjaman tanpa jaminan. Dengan tambahan modal dari pinjaman, Anda dapat lebih mudah meningkatkan skala bisnis. Yuk, mulai sekarang persiapkan diri untuk memulai UMKM tanpa perlu rasa takut.

Jika Anda punya 5 tanda ini, mungkin kamu cocok jadi entrepreneur. Apa saja ya tandanya? Inilah 5 Tanda kalau kamu lebih cocok jadi entrepreneur!

Sayangnya, pemahaman masyarakat mengenai entrepreneur sering disalahpahami dengan adanya berbagai mitos. Sebagian dari mereka justru menahan diri untuk mengambil keputusan tidak membangun UMKM, dengan berbagai dalih berikut ini:

Mitos 1: Usaha Haruslah Sesuatu yang Besar

Menurut sebuah ulasan di Forbes, keinginan untuk membuka usaha sering terhalang dengan berbagai mitos seperti: membuka usaha harus merekrut banyak orang, letaknya di kota yang besar, produk harus ditayangkan secara besar-besaran, dan menggunakan spanduk, iklan, dsb. Hal tersebut memanglah komponen yang ada dalam sebuah bisnis. Namun, bukan berarti Anda harus memulai dengan persiapan yang besar. Membuka usaha secara mandiri bisa dilakukan dengan cara sederhana, misalnya: menjadi dropshipper, menjual produk kuliner rumahan, dan memasarkannya secara lokal melalui media sosial.

Lihat juga: “Tips Mulai Bisnis Online dengan Jadi Reseller”

Saat usaha sudah berjalan, Anda pun dapat meningkatkan skala bisnis. Jangan khawatir soal modal tambahan. Kini, banyak platform pinjam online terpercaya, seperti Modalku yang siap membantu memajukan usaha Anda. Untuk Anda yang berjualan online, kami punya produk spesial, yaitu Modal Kawan Mikro. Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan hingga Rp 250 juta untuk meningkatkan bisnis. Kami menawarkan pinjaman tanpa jaminan yang aman dan diawasi langsung oleh OJK. Penasaran? Segera klik tombol di bawah ini: 

Pelajari di sini

Mitos 2: Takut dengan Kegagalan

Memiliki perasaan khawatir merupakan hal yang mafhum, namun bukan berarti niat Anda untuk memulai usaha terhalang. Ketakutan dengan kegagalan yang berlebihan akan membuat Anda mengurungkan niat dan berimbas kepada rencana yang tidak terealisasikan. Sayang sekali, ide bisnis yang sudah Anda rancang harus tertahan karena perasaan takut. Kita tidak akan tahu jika tidak memulai. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda dengan optimis, barangkali ide yang selama ini Anda pendam memiliki prospek yang besar di masa mendatang.

Mitos 3: Tidak Memiliki Tabungan? Manfaatkan Pinjaman Tanpa Jaminan

Memang betul kesiapan secara finansial akan membantu Anda dalam mengelola usaha. Namun, tidak semua usaha harus dimulai dengan membangun secara besar-besaran. Anda bisa memulainya dengan membuka usaha menengah yang kebutuhan modalnya tidak terlalu besar. Tidak memiliki tabungan atau modal yang kecil bukan berarti menghalangi Anda untuk mulai  berbisnis. Solusi yang bisa Anda lakukan adalah membuka bisnis dengan modal yang kecil.

Setelah usaha berjalan beberapa waktu, Anda dapat mulai mencari bantuan modal usaha berupa pinjaman UMKM. Dengan modal ini, Anda dapat lebih mudah memajukan usaha. Anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari Modalku. Produk ini memang dikhususkan untuk Anda para pengusaha kecil. Jangan lagi merasa berkecil hati, pinjaman tanpa jaminan sangat membantu para pengusaha untuk mewujudkan UMKM damba. Jangan biarkan keinginan buka usaha dan inovasi yang Anda miliki terpendam karena kesulitan dalam mencari modal.

Mitos 4: Buka Usaha Harus Punya Kantor

Padahal, membuka UMKM tidak harus memiliki kantor. Jika usaha yang Anda buka bisa dikerjakan di rumah, maka Anda tidak perlu bingung. Berbagai usaha saat ini sudah bisa dipasarkan secara online menggunakan media sosial. Sejalannya waktu usaha Anda bisa berkembang, memiliki kantor bisa disiapkan di kemudian hari.

Mitos 5: Tidak Punya Motivasi yang Cukup

Buka usaha bisa dimulai dengan hal yang sederhana. Akan lebih maksimal jika usaha yang Anda bangun berkaitan dengan apa yang Anda sukai. Anda akan lebih bersemangat dan antusias saat menjalankannya. Motivasi justru terbangun dari sesuatu yang kita kerjakan dengan sepenuh hati. 

Oleh karena itu, abaikan mitos tersebut dan mulailah untuk mengembangkan ide bisnis yang sudah Anda rancang. Jika belum dicoba, maka kita tidak akan tahu hasilnya seperti apa. Kegagalan dan rasa khawatir merupakan risiko yang menghantar Anda menuju proses dan keberhasilan. Beranikan diri untuk merealisasikan rencana yang selama ini Anda pendam saat ingin buka usaha. Takut tidak punya cukup modal? Manfaatkan pinjaman tanpa jaminan yang disediakan Modalku untuk membantu mewujudkan UMKM yang Anda dambakan. Selamat mencoba!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *