Modalku Hadiri Webinar Market Conduct Bersama OJK

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Jakarta, 15 Juli 2021 — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui OJK Institute mengadakan webinar bertajuk “Webinar Market Conduct di Sektor Jasa Keuangan” dan mengundang beberapa ahli dari berbagai bidang untuk menjadi pembicara. Webinar tersebut mengundang Bernard Widjaja (Direktur Market Conduct OJK), Santoso Liem (BCA), Rudy Kamdani (AXA Mandiri), dan Johannes Gunawan (Universitas Parahyangan) untuk membahas mengenai Market Conduct di Sektor Jasa Keuangan. 

Dalam kesempatan tersebut, Bernard Widjaja membahas mengenai seluk-beluk market conduct di industri jasa keuangan, salah satunya tentang iklan yang melanggar aturan. Dalam pemantauan yang dilakukan OJK, ditemukan adanya 1.138 iklan yang melanggar aturan pada periode 1 Januari 2021 hingga 31 Mei 2021. Iklan tersebut setidaknya memuat tiga poin pelanggaran, yaitu: iklan tidak jelas 98,49%, iklan menyesatkan 2,51%, dan iklan tidak akurat sebanyak 0,40%.

Menurut Santoso Liem, hal penting yang harus diterapkan oleh industri jasa keuangan adalah membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen. Industri jasa keuangan membutuhkan kepercayaan konsumen dan bisa membangunnya melalui tindakan yang akurat, jujur, jelas, dan menghindari kesalahpahaman. “Kepercayaan adalah sesuatu yang sangat penting dalam komunikasi. Jika tidak ada kepercayaan, maka hal tersebut dapat dengan mudah menghancurkan relasi kita.” ujar Santoso Liem. 

Selain itu, Rudy Kamdani juga membahas mengenai tantangan  serta tanggung jawab pelaku usaha jasa keuangan yang menyelenggarakan berbagai produk dan layanan dalam rangka perlindungan konsumen. Johannes Gunawan turut memaparkan pentingnya pengawasan market conduct di berbagai lembaga jasa keuangan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari berbagai pelanggaran di sektor jasa keuangan. 

Sebagai fintech yang bergerak di sektor keuangan, Modalku berkomitmen menjaga kepercayaan dan meningkatkan kualitas layanan pendanaan bagi UMKM. Modalku terus berupaya memberikan dukungan yang terbaik bagi para pelaku usaha melalui penawaran fasilitas pinjaman yang bisa diakses melalui Modal Kawan Mikro, Modalku Virtual Credit, dan Invoice Financing. 


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan digital bagi UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *