Sumber Cuan dari Hobi Anda Melalui Bisnis Podcast

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Anda pasti sudah sering mendengar bisnis podcast, tapi apakah Anda tahu apa itu podcast? Podcast adalah siaran audio non-streaming sehingga podcast dapat didengarkan berulang kali, berbeda dengan radio yang merupakan siaran audio streaming yang hanya dapat didengar pada saat itu saja. Karena keunggulan non-streaming ini, podcast sekarang semakin banyak pendengarnya karena praktis dan dapat didengarkan kapan saja seperti saat sedang sarapan, menunggu di dalam kereta, ataupun ketika sedang bosan. Podcast juga memiliki topik yang lebih variatif jika dibandingkan dengan radio yang diwajibkan untuk mengikuti perkembangan berita dan informasi yang ada.

Menghasilkan Pendapatan dari Podcast

Podcast sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi mengobrol dan membawakan suatu topik tertentu. Selain itu, podcast juga merupakan bisnis yang bisa mendatangkan cuan lho! Yuk simak dari mana saja pendapatan yang bisa dihasilkan melalui podcast.

Banyak jaringan podcast yang menyediakan bagian untuk mengiklankan suatu produk selama siaran berlangsung. Anda dapat mencari sponsor dan menawarkan iklan melalui podcast milik Anda. Untuk mendapatkan sponsor dan iklan melalui podcast biasanya pihak sponsor menginginkan adanya jumlah minimum tertentu dari podcast Anda. Karena itu pastikan podcast Anda sudah memiliki pendengar yang cukup ya.

Lihat juga: Cara Pasang Iklan Gratis untuk Promosi Bisnis Online 

Anda bisa dapat melakukan crowdfunding kepada pendengar setia untuk mendukung kualitas podcast Anda. Cara crowdfunding ini biasanya lebih cocok untuk podcast yang berfokus pada topik hiburan. Tawarkan konten yang menarik pada podcast Anda selanjutnya jika crowdfunding mencapai target untuk menyenangkan pelanggan setia Anda.

Lebih lanjut: Tips Mendapatkan Dana Crowdfunding 

Monetisasi adalah mengomersialkan suatu situs/platform atau konten yang kita miliki. Monetisasi dapat diperoleh melalui platform yang kita gunakan untuk penyiaran podcast. Jika platform tersebut menjadi populer dikarenakan konten podcast kita menarik sehingga banyak didengar orang, monetisasi dapat menghasilkan keuntungan bagi kita. Platform podcast yang banyak digunakan adalah Spotify dan Anchor.

Tips Memulai Bisnis Podcast

Anda tertarik untuk memulai podcast karena keuntungan yang didapat dari hobi Anda? Simak tips memulai podcast berikut yang menambah peluang Anda untuk mendapatkan cuan yang besar.

Hal pertama yang paling penting saat baru memulai podcast adalah tentukan tema podcast Anda. Apakah Anda akan berfokus pada dunia hiburan yang bisa didengarkan santai kapan saja oleh pendengar Anda atau ingin membahas bisnis dan perekonomian yang memberikan informasi untuk pendengar Anda. Setelah menemukan tema besar dari keseluruhan podcast Anda, jangan lupa untuk menentukan topik mingguan apa yang lebih spesifik yang ingin dibahas.

  • Tentukan Target Pendengar

Berdasarkan tema dan topik yang telah Anda pilih, tentukan apakah tema dan topik tersebut sesuai dengan segmentasi target yang bagaimana. Jika Anda memilih tema hiburan dengan komedi yang tidak cocok untuk anak-anak, maka pendengar Anda merupakan orang-orang dewasa muda ke atas. Jangan lupa untuk sertakan penjelasan singkat mengenai apa isi podcast Anda secara keseluruhan supaya target pendengar sesuai dengan yang Anda harapkan.

Mungkin bagi sebagian orang, berbicara adalah hobi yang mengalir begitu saja sehingga tidak dibutuhkan praktik sebelumnya. Namun perlu diingat bahwa pendengar dari podcast Anda merupakan berbagai macam orang dengan kepribadian yang berbeda-beda. Tidak ada salahnya latihan berbicara terlebih dahulu dan hindari topik sensitif untuk memperluas target pendengar Anda.

  • Siapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Untuk memulai siaran, pastikan Anda memiliki audio recorder yang layak untuk pengambilan audio. Pilih tempat yang jauh dari noise sehingga podcast Anda nyaman untuk didengar. Jangan lupakan audio editor untuk memaksimalkan rekaman sebelum Anda menyiarkannya.

  • Iklan Melalui Media Sosial

Setelah semuanya Anda lakukan dan hasil rekaman podcast Anda telah diunggah, hal yang selanjutnya Anda lakukan adalah melakukan promosi melalui media sosial untuk memperkenalkan podcast baru Anda karena iklan melalui platform online memiliki beberapa keunggulan dibandingkan offline. Mulai dari teman-teman untuk mendengarkan dan meminta review dan feedback untuk podcast Anda ke depannya supaya bisa lebih baik lagi.

Lebih lanjut: Lakukan 5 Strategi Marketing ini untuk Kembangkan Bisnis!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *