Tak Hanya E-Commerce, 6 Jenis Platform Jualan Online Paling Laris yang Bisa Dipilih

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Hadirnya internet di tengah-tengah kehidupan masyarakat saat ini telah membawa dampak signifikan seperti kemunculan platform jualan online paling laris. Biasanya, sebagian besar orang mengandalkan e-commerce untuk menjual barang dagangannya. Namun, selain platform tersebut, masih ada pula platform jualan online paling laris lainnya yang layak Anda coba. Apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan profit.

Lihat juga: “Lika-Liku Bisnis Online”

Marketplace untuk Jualan Online Paling Laris

Platform jualan online paling laris yang pertama adalah marketplace. Bentuknya berupa aplikasi yang dapat menghubungkan antara pembeli dengan penjual. Platform ini disebut sebagai marketplace karena menjadi pasar online yang memberikan lapak bagi penjual untuk menawarkan barangnya secara online.

Keuntungannya adalah Anda bisa memilah-milah mana marketplace yang sesuai dengan segmentasi pasar produk yang ditawarkan. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menyaring calon pembeli.  Lalu, jangan lupa untuk memperbaharui katalog di marketplace Anda.

Aplikasi Chatting

Berikutnya adalah aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram. Platform alternatif ini lebih efektif bagi beberapa bisnis karena komunikasi yang lebih personal antara penjual dan pembeli. Namun, terdapat sedikit kekurangan saat menggunakannya untuk berjualan, yakni Anda harus membalas pesan dari pembeli satu per satu.

Selain itu, butuh waktu dan energi yang tidak sedikit untuk memposting barang-barang apa saja yang dijual kepada audiens. Di sisi lain, agar produk yang ditawarkan semakin dilirik, Anda harus memiliki kontak yang cukup banyak di nomor telepon. Alternatif lainnya, Anda bisa menawarkan barang dagangan melalui grup-grup chatting yang ada secara berkala.

Website Resmi

Website resmi juga menjadi platform jualan online paling laris dan banyak digunakan untuk memulai bisnis online, baik oleh penjual dalam skala menengah hingga atas. Keuntungannya dari memiliki website resmi adalah Anda dimudahkan untuk melakukan transaksi maupun promosi secara online.

Manfaat tersebut juga dirasakan oleh calon pembeli yang jadi lebih mudah untuk menemukan toko Anda. Kuncinya di sini adalah membuat tampilan website yang menarik dan mudah digunakan. Perhatikan penataan ikon dan foto, cantumkan detail produk, harga, hingga nomor yang dapat dihubungi ketika calon pembeli ingin memesan barang. Semakin bagus website resmi sebuah toko online, maka kredibilitas toko pun jadi semakin tinggi di mata masyarakat. Sehingga, mereka lebih percaya dan loyal terhadap brand Anda.

Blog Gratisan

Mungkin selama ini blog dikenal sebagai tempat untuk mencurahkan tulisan maupun ekspresi seseorang. Namun jangan salah, blog bisa digunakan sebagai platform untuk memulai bisnis online dengan modal kecil. Anda bisa memanfaatkan blog atau domain gratisan yang diisi dengan toko maupun produk yang akan dijual.

Meski tampilannya kurang cocok dan kurang profesional karena terlalu basic, bukan berarti Anda tak harus menggunakannya sama sekali. Anda tetap bisa menggunakannya dengan mengisinya mengenai ulasan produk, review, dan sebagainya melalui tulisan panjang namun enak dibaca oleh audiens agar tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.

Forum Jual Beli

Sebenarnya, forum jual-beli ini sudah lama muncul menjadi platform jualan online paling laris sebelum berkembangnya marketplace maupun media sosial. Bahkan, bisa dibilang, forum ini menjadi pionir dalam transaksi jual-beli online di era sebelumnya. Lantas, apakah kini forum ini hilang begitu saja? Jawabannya adalah tidak.

Justru forum ini semakin menjamur di berbagai platform. Keunggulan dari platform ini adalah adanya rekening bersama dalam melakukan transaksi di sebuah forum. Selain itu, ada pula pengguna maupun komunitas yang bisa membantu penjual maupun pembeli dengan senang hati. Misalnya melalui review, sistem reward, dan sebagainya. Salah satu contoh forum jual-beli yang paling besar di Indonesia dan pernah berjaya di masanya adalah Kaskus.

Media Sosial

Siapa saat ini yang tidak memiliki sosial media? Rasanya hampir semua orang punya setidaknya satu akun media sosial. Di era digital dan teknologi sekarang, semua orang bisa terhubung melalui media sosial tanpa harus keluar rumah. Bahkan, disebut-sebut Indonesia memiliki pengguna sosial yang sangat besar di dunia. Tentu saja ini menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk melebarkan bisnis jualan online paling laris melalui platform ini.

Setidaknya ada beberapa media sosial populer yang bisa Anda pilih untuk memulai bisnis online. Misalnya seperti aplikasi pesan WhatsApp, Facebook, dan Instagram. Untuk Facebook dan Instagram, memang disediakan fitur Ads untuk mendukung toko online yang berjualan di sosial media. 

Itu dia berbagai macam pilihan platform untuk jualan online paling laris yang menarik untuk Anda coba gunakan. Anda bisa memilih salah satunya untuk memasarkan produk terbaik agar semakin banyak dilirik dan menarik lebih banyak pembeli. Jangan lupa untuk terus mengembangkan bisnis online Anda, gunakan juga bantuan modal usaha dari Modalku!


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini. Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *