Waspada 5 Modus Penipuan Pinjaman Tanpa Agunan

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman dana tapi tidak memiliki aset untuk dijadikan jaminan, Anda bisa memanfaatkan pinjaman tanpa agunan. Jenis pinjaman ini tidak mensyaratkan agunan, sehingga menjadi jawaban bagi Anda yang tidak memiliki aset seperti rumah atau mobil sebagai jaminan. Anda boleh mengajukan pinjaman yang prosesnya terbilang praktis dan tidak merepotkan ini, namun jangan sembarangan dan harus hati-hati.

Tidak sedikit modus penipuan pinjaman online sekarang mengatasnamakan pinjaman tanpa agunan. Data pribadi Anda bisa disalahgunakan dan uang di ATM Anda bisa sirna seketika jika Anda memberikan nomor kartu ATM dan kode OTP pada pihak yang salah. Besarnya kerugian yang disebabkan oleh penipuan pinjaman online ilegal ini membuat Anda harus waspada dengan cara mengetahui modus penipuan pinjaman yang paling sering dipakai. Berikut informasinya!

Telepon atas nama bank

Ini adalah salah satu modus pinjaman tanpa agunan yang paling sering dilakukan oknum penipu. Anda mungkin pernah menerima telepon atas nama bank yang menawarkan Anda pinjaman dengan mengatakan bahwa Anda adalah nasabah prioritas. Anda mungkin juga ditawari proses pinjaman yang sangat praktis, tidak perlu menyiapkan dokumen apapun, dan dana Anda akan cair dalam waktu kurang dari 1 minggu, bahkan 2-3 hari.

Terlalu indah untuk menjadi kenyataan. Mustahil bagi lembaga keuangan online legal atau bank untuk memberikan pinjaman tanpa setidaknya mengetahui status pekerjaan dan besaran gaji yang Anda terima setiap bulan. Jadi, jangan percaya tawaran seperti ini, apalagi sampai memberikan data diri dan informasi penting lain seperti PIN atau nomor kartu kredit. Jika menerima telepon atas nama bank yang mencurigakan, jangan berpikir dua kali untuk menolak penawaran tersebut dan menutup sambungan telepon sebagai bentuk pencegahan. Bisa jadi, telepon tersebut adlaah modus penipuan pinjaman yang berusaha mengincar Anda sebagai korbannya.

Website palsu yang tidak resmi

Modus penipuan sekarang memang sangat beragam, Anda bahkan bisa menemukan website palsu yang memberikan pinjaman dana dengan proses dan waktu pencairan dana sangat cepat. Modus ini mungkin memakan korban karena internet memang dipakai sebagai sumber mencari informasi segala hal. Untuk terhindar dari penipuan, pastikan Anda mencari informasi dana pinjaman dari website yang benar dan tidak tergiur dengan penawaran website palsu.

Anda juga harus lebih sangat berhati-hati dan teliti karena biasanya website palsu yang tidak resmi ini mengatasnamakan bank atau perusahaan keuangan besar. Selalu lakukan pemeriksaan ulang tentang keresmian alamat website dan kunjungi halaman website resmi bank atau perusahaan yang bersangkutan. Jika menemukan website seperti ini, jangan lakukan aktivitas apapun karena selain ancaman penipuan, website palsu juga berisiko menyebarkan virus berbahaya pada komputer atau smartphone yang Anda gunakan.

SMS dari nomor tak dikenal

Sudah tidak terhitung jumlahnya modus penipuan pinjaman online ilegal yang dilakukan lewat SMS. Anda mungkin sering menerima SMS penipuan berupa dapat hadiah, keluarga kecelakaan, orang tua kehabisan pulsa, operator bank meminta nomor OTP, dan sebagainya. Deretan panjang penipuan lewat SMS makin panjang dengan munculnya SMS dari nomor tak dikenal yang menawarkan pinjaman tanpa agunan dengan nominal yang biasanya sangat besar.

Anehnya, modus pasaran ini masih saja menelan korban. Hal ini mungkin terjadi karena korban lengah atau tertarik dengan iming-iming dana pinjaman yang fantastis. Ingat, Anda tidak bisa melakukan pinjaman dana hanya lewat pesan singkat. Jadi, setiap mendapatkan SMS seperti ini, jangan mudah tergiur, jangan dibalas, dan segera hapus SMS tersebut.

Spam email

Baik bank maupun perusahaan pada umumnya memang menggunakan email sebagai salah satu bentuk pemasaran. Inilah yang mungkin membuat oknum penipu menjadikan email sebagai salah satu modus penipuan pinjaman tanpa agunan. Anda mungkin akan menerima email tawaran pinjaman online ilegal yang tampak profesional, dilengkapi informasi nomor telepon dan alamat yang sangat meyakinkan untuk menjerat korban.

Umumnya, email penipu ini menawarkan Anda kemudahan mengajukan pinjaman dengan cukup mengisi formulir dan mengirimkan berbagai persyaratan dalam bentuk softcopy. Karena cukup meyakinkan, Anda perlu mengingatkan diri Anda bahwa itu adalah modus penipuan. Jadi, jika Anda ingin mengajukan pinjaman, lebih baik langsung berkunjung ke bank atau hubungi nomor telepon resmi bank atau lembaga keuangan yang diincar biar aman.

Tips agar terhindar dari jeratan pinjaman tanpa agunan yang ilegal

Berbagai modus penipuan pinjaman tanpa agunan di atas bisa Anda hindari dengan selalu mawas diri. Jangan mudah tergoda dengan iming-iming besarnya dana pinjaman dengan proses pencairan dana yang cepat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika Anda memang membutuhkan dana, luangkan waktu untuk mencari informasi dari pihak resmi dan menyiapkan seluruh persyaratan yang diperlukan secara mandiri.

Pastikan Anda waspadai 5 modus penipuan pinjaman tanpa agunan di atas, ya. Biar aman, lakukan pinjaman di Modalku yang bisa diandalkan.


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *