Webinar Modalku: Peluang Ekspansi Usaha Ke Luar Negeri

Melayani Pembuatan SBU, Pengurusan SIUJK, SBU, Jasa Legalitas Perusahaan, Pembuatan Legalitas SBU, Jasa SMK3, Jasa ISO, Jasa SKUP MIGAS Jakarta

Jakarta, 15 April 2021 — Perkembangan UMKM  bisa dikategorikan pesat apabila memiliki kesempatan untuk mentarget konsumen pasar tidak hanya lokal (dalam negeri), namun juga internasional. Berdasarkan fakta tersebut, Modalku memberikan wadah edukasi mengenai peluang UMKM untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.  Edukasi tersebut dijabarkan dalam acara webinar daring via Zoom yang diselenggarakan pada hari Kamis, 15 April 2021 pukul 16.00 – 18.00. 

Acara yang mengusung tema “Cari Tahu Tips Pengiriman & Peluang Ekspansi ke Luar Negeri”  tersebut dihadiri oleh berbagai narasumber, seperti: Iwan Kurniawan (Co-Founder & COO Modalku), Sandy Christian (AVP SME Business ‎Modalku), Rocky Joseph Persik (Direktur DHL Express Indonesia dan Perwakilan Asperindo), Yuwono Wicaksono (Co Founder & CEO Goorita.com), dan Roby Tjiptadjaya (Founder, CEO & Executive Coach GLC).

Peluang Ekspansi Usaha Ke Luar Negeri

Webinar dibuka dengan pembahasan mengenai kebutuhan dan permintaan pasar selama pandemi COVID-19 yang mengalami peningkatan. Menurut Rocky Joseph Persik, barang kondisional yang sempat menanjak permintaannya di tahun 2020 adalah produk kesehatan, peralatan medis, serta sarana kegiatan dan hobi. Produk tersebut sempat tinggi permintaannya, tidak hanya diproduksi untuk pasar dalam negeri saja tetapi dapat diekspor ke berbagai negara.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan di Tengah Pandemi

Selanjutnya, jika Anda ingin mencoba kesempatan melakukan ekspansi usaha ke luar negeri, Anda bisa menemukan dan memilih potensi produk beserta pasarnya dengan menggunakan tools berikut: 

  1. Website CIA.GOV 

Pilih fitur yang melampirkan informasi negara mana saja yang menyediakan produk ekspor impor. 

  1. Website trademap.org 

Anda bisa memeriksa potensi produk apa saja yang bisa dikirim ke berbagai negara. 

  1. Website exportpotential.intracen.org

Menyediakan fitur untuk mengetahui  produk mana saja yang saat ini paling banyak dibutuhkan serta dilampirkan juga jumlah permintaannya. Jadi, kita bisa mengetahui potensi produk apa saja yang bisa ekspansi ke luar negeri dengan menggunakan tools di atas.

Roby Tjiptadjaya pun sepakat bahwa peluang bisa ditemukan dimana saja, baik di luar maupun di dalam negeri. Peluang tersebut akan berjalan maksimal apabila seseorang memiliki jiwa entrepreneur yang melingkupi: inovasi, coaching mentoring, relasi, support system, serta learning & development. Anda juga bisa membaca Mengapa UKM Memerlukan Kreasi dan Inovasi untuk Memenangkan Persaingan? Untuk mengetahui pentingnya menerapkan inovasi dan kreasi pada usaha yang Anda jalankan.

UMKM Bisa Bangkit Kembali Pasca Situasi Pandemi

Jika dikaitkan dengan kendala pertumbuhan UMKM, Sandy Christian (AVP SME Business ‎Modalku) dalam presentasinya menjelaskan, masih banyak usaha yang belum mendapatkan akses modal dan pendanaan yang cukup. Oleh karena itu, Modalku hadir memberikan akses pendanaan bagi usaha yang sedang berkembang. Produk pinjaman bagi UMKM yang disediakan oleh Modalku berupa: Invoice Financing, Account Payable Financing, dan Modalku Virtual Credit.

“Sesuai dengan namanya, melalui Modalku Virtual Kredit, para peminjam bisa menggunakan fitur Modalku Virtual Kredit untuk membayar tagihan-tagihan kepada supplier dengan tenor pinjaman 15-60 hari dengan pengajuan pinjaman hingga Rp. 500 juta.” imbuhnya. 

Seperti yang dijelaskan oleh Iwan Kurniawan  (Co-Founder & COO Modalku) di awal pembukaan webinar,  sudah saatnya bagi UMKM untuk #BangkitBersinar dari kondisi keterpurukan. Apalagi kemerosotan tersebut disebabkan setelah berhadapan dengan situasi darurat pandemi. Oleh karena itu, kehadiran Modalku Virtual Credit diharapkan dapat memberikan harapan baru bagi para pelaku usaha dan UMKM untuk kembali bangkit dan berjaya. 

Siapkah Anda #BangkitBersinar bersama Modalku? Pelajari cara dan ketentuan Modalku Virtual Credit di bawah ini:

Pelajari di sini


Anda juga dapat mengakses informasi tentang tips-tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan, hingga alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Awali kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Ayo jelajahi blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pionir platform peer-to-peer (P2P) lending di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pinjaman modal usaha bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tanah air dan membuka opsi investasi alternatif dengan pengembalian menarik bagi pemberi pinjaman.

Modalku memenangkan Global SME Excellence Award dari ITU Telecom, salah satu badan organisasi PBB, di akhir tahun 2017. Modalku juga memenangkan Micro Enterprise Fintech Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh United Nations Capital Development Fund (UNCDF) dan UN Pulse Lab Jakarta di tahun 2018. Visi kami adalah memberdayakan UMKM untuk bersama memajukan ekonomi Indonesia. Lihat statistik perkembangan pesat Modalku di sini.

Tertarik mengenal Modalku lebih baik? Klik di sini.

Modalku secara resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *